5 Cara Alami Membasmi Rayap Dengan Cepat

Apakah di rumah Anda ada rayapnya?. Pasti kehadirannya amat mengganggu. Karena bisa membuat bangunan yang kebanyakan menggunakan bahan kayu cepat rusak bahkan roboh.

Lazimnya beberapa orang menyingkirkan binatang tersebut dengan cara disiram bensin atau dibersihkan menggunakan alat seadanya. Namun, tidak sedikit juga yang kemudian memakai bahan-bahan kimia untuk membersihkannya secara cepat. Meskipun, hal tersebut dapat menimbulkan efek negatif terhadap keluarga di kemudian hari.

Sebenarnya, ada banyak cara untuk menghilangkan rayap dari rumah yang tak berbahaya keluarga. Berikut lima cara alaminya:

1. Minyak Esensial

Sebagian minyak esensial berfungsi memberantas rayap dengan tepat sasaran. Salah satunya yakni minyak cengkeh, karena minyak tersebut bisa membunuh sampai ke akarnya, sehingga rayap tak bisa berkembang biak dan mewabah kembali.

Metode penggunaannya cukup mudah, tuangkan kedalam botol semprot. Lalu semprotkan pada komponen dinding kayu atau furnitur yang menjadi sarang rayap.

2. Minyak Jeruk

Dalam sebuah percobaan lab ditemukan bahwa ekstrak minyak jeruk dapat membunuh rayap dengan cepat, dengan angka kematian mencapai 68 persen sampai 96 persen dalam percobaan.

Metode tersebut bisa terjadi karena terdapat bahan aktif d-limonene yang yakni racun ampuh bagi serangga, secara khusus rayap. Caranya, buat lubang pada sarang rayap lalu masukkan minyak jeruk lalu diamkan.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya ternyata juga bisa menghilangkan rayap bandel yang bersarang pada furnitur dan bangunan. Caranya cukup simple yakni, ambil lidah buaya, bersihkan, lalu buat jus dengan cara di-blender. Setelah itu masukkan ke dalam botol semprot kemudian semprotkan pada komponen yang terkena rayap.

4. Garam

Tanpa disadari ternyata salah satu dari bahan pokok di dapur Anda bisa mengusir rayap dengan ampuh. Campurkan garam dengan air, lalu masukkan ke dalam botol semprot dan semprotkan pada area yang terkena rayap.

Atau bisa dengan merendam kapas ke dalam air garam kemudian letakan pada area rayap berada. Metode ini selain mengusir rayap, juga bisa mencegah datangnya rayap.

5. Cuka

Selain garam, ternyata ada satu lagi bahan dapur yang bisa diaplikasikan yakni cuka. Caranya, tuangkan cuka pada bagian-bagian yang terdapat rayap, lakukan hal tersebut secara terus-menerus selama 8 hari. Kemudian rayap yang bersarang pada bangunan atau furniture Anda akan pergi dengan sendirinya.

Namun apabila rayap dirumah Anda sangatlah banyak. Disarankan untuk memanggil jasa basmi rayap. Menggunakan jasa tersebut, selain menghemat waktu dan tenaga. Jasa basmi rayap juga seringkali memberikan proteksi kepada bangunan atau furniture terhadap rayap atau hama kayu lainnya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir rayap tersebut datang kembali.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *